Renstra Dinas

Administrator 25 September 2017 16:59:44 WIB

Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28 H ayat 1 dan Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dijelaskan bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Dalam rangka tercapainya tujuan tersebut pembangunan kesehatan harus dilaksanakan secara terarah, berkesinambungan dan realistis melalui peningkatan upaya kesehatan, peningkatan pembiayaan kesehatan, pemenuhan sumber daya manusia kesehatan, penyediaan obat dan perbekalan kesehatan, peningkatan manajemen dan sistem informasi kesehatan serta peningkatan partisipasi masyarakat melalui upaya pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan kesehatan pada periode 2015 – 2019 adalah program Indonesia Sehata dengan sasaran meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Sasaran pokok RPJMN 2015 – 2019 di bidang kesehatan adalah meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu dan anak; meningkatnya pengendalian penyakit; meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan; meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal melalui kartu Indonesia Sehat dan kualitas pengelolaan SJSN Kesehatan; terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin; meningkatkan responsivitas sistem kesehatan.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan 3 pilar utama yaitu paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional. Pilar paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan promotif preventif dan pemberdayaan masyarakat. Pilar penguatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, menggunakan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis resiko kesehatan. Sementara itu pilar jaminan kesehatan nasional dilakukan dengan strategi perluasan sasaran dan benefit serta kendali mutu dan kendali biaya.

Dalam upaya memberikan arah penyelenggaraan pembangunan kesehatan untuk 5 (lima) tahun ke depan, berdasarkan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, maka OPD Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai wajib menyusun program dan kegiatan strategis sebagai arah kebijakan penyelenggaraan pembangunan kesehatan dalam sebuah dokumen Rencana Strategis (Renstra).

Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2016 – 2021 merupakan dokumen perencanaan yang bersifat indikatif yang memuat program-program pembangunan kesehatan yang akan diacu dan mengikat berbagai pihak termasuk sektor swasta dan lintas sektor dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Serdang Bedagai kurun waktu 2016 – 2021. Renstra OPD Dinas Kesehatan 2016 – 2021 merupakan penjabaran RPJMD Kabupaten Serdang Bedagai 2016 – 2021 dengan mempedomani Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Serdang Bedagai 2005-2025, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2013–2033, kondisi lingkungan strategis di daerah, dan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan RPJMD periode sebelumnya serta memperhatikan RPJP Nasional Tahun 2005-2025, RPJM Nasional Tahun 2015 – 2019 dan RPJMD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2013 – 2018 serta Renstra Kementerian Kesehatan RI 2015-2019.

Selengkapnya...    

Komentar atas Renstra Dinas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 


Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Portal Layanan Warga


Hubungi Puskesmas/Bidan di wilayah Anda untuk mendapatkan kode PIN.
Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program


Dinkes Serdang Bedagai