Kadiskes Sergai Jenguk Balita Penderita Penimbunan Cairan di Otak

Administrator 14 Maret 2018 13:08:29 WIB

Teluk Mengkudu, – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dr. Bulan Simanungkalit didampingi Kabid Kesmas drg. Tatik Iswandari bersama staf dan Kepala Puskesmas Sialang Buah, dr. Hendri Yanto Ginting beserta Camat Teluk Mengkudu, Muhammad Fahmi menjenguk Nazwa Amalia balita 3,5 tahun penderita penimbunan cairan di otak di Dusun II Desa Matapao Kecamatan Teluk Mengkudu, Selasa (13/03/2018).

dr.Bulan Simanungkalit M.Kes menyampaikan kehadirannya dalam rangka program Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS), dengan turun langsung menjenguk masyarakat yang memiliki keluhan atas penyakitnya.

Terkait dengan Nazwa, putri dari pasangan Ismail dan Kurnia, dr.Bulan mengungkapkan bahwa balita ini tidak murni mengalami gizi buruk seperti yang diduga sebelumnya namun ada masalah di bagian otaknya yakni penimbunan cairan, sehingga mempengaruhi asupan gizinya karena tidak selera makan yang membuat tubuhnya menjadi kurus.

Olehkarena itu, lanjut dr Bulan, Dinkes akan berkonsultasi kepada dokter spesialis anak RS. Sultan Sulaiman dengan menugaskan Puskesmas Sialang Buah untuk memberikan stimulan secara ketat.

“Sejauh ini Nazwa juga sudah mendapat pelayanan dari Puskesmas, RS. Sultan Sulaiman dan RS. Grand Medistra Lubuk Pakam, namun saat ini Nazwa membutuhkan asupan gizi, psiotrafi dan juga penanganan karena dia mengalami kejang. Untuk asupan gizinya Puskesmas Sialang Buah akan membantu memberikan subsidi berupa susu formula”, kata dr Bulan.

Di samping itu diharapkannya agar orang tua Nazwa juga ikut membantu untuk mmeberikan nutrisi berupa makanan, agar perkembangannya seiring dengan asupan yang diterimanya.

Sementara itu orang tua Nazwa, Ismail mengatakan anak bungsunya dari tiga bersaudara ini sejak lahir dalam keadaan normal, namun setelah berumur 3 bulan terlihat kelainan dimana Nazwa setiap malam rewel dan suka menangis dan sulit untuk makan untuk asumsi tubuhnya. Ismail juga pernah memberikan susu, namun semakin lama tubuh Nazwa semakin mengecil dan tidak seperti tubuh anak seusianya.

“ Berobat secara medis sudah cukup berobat di luar medis juga sudah kami lakukan namun hingga saat ini belum ada kesembuhan namun harapan sembuh itu tetap ada ” ucap Karyawan kebun PT. Socfindo Matapao ini didampingi istrinya Kurnia.

Sedangkan M. Fahmi Camat Teluk Mengkudu menyambut baik kedatangan Kadinkes ke kediaman Nazwa, ia mengatakan selama ini Nazwa telah mendapat kan perawatan dari Puskesmas.

”Kami sempat kaget kok ada gizi buruk di sekitar sini, ternyata penyakitnya lain meski demikian kami tetap berkordinasi dengan Puskesmas” ucap Fahmi.

Dalam kesempatan itu Kadiskes Sergai memberikan bantuan susu formula dan roti untuk Nazwa dan memberikan sarah kepada kedua orang tuanya untuk tetap rutin melakukan pengecekan terhadap Nazwa.

Selain menjenguk Nazwa, di kesempatan tersebut dr Bulan juga menyempatkan diri menjenguk Muhammad Azli (7) penderita Leukimia, di Desa Pematang Guntung IV.(dna/sb).

Sumber: http://dnaberita.com/2018/03/13/kadiskes-sergai-jenguk-balita-penderita-penimbunan-cairan-di-otak

Komentar atas Kadiskes Sergai Jenguk Balita Penderita Penimbunan Cairan di Otak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 


Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Portal Layanan Warga


Hubungi Puskesmas/Bidan di wilayah Anda untuk mendapatkan kode PIN.
Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program


Dinkes Serdang Bedagai