Perawatan Payudara Ibu Hamil Penting Untuk Asi Ekslusif

04 April 2018 19:22:49 WIB

Tanjung Beringin - Data yang dipaparkan Sri Rohayuni, Bidan Desa Suka Jadi, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, menunjukkan bahwa saat ini ada 39 orang bayi, namun hanya 2 orang saja yang mendapatkan bayi eksklusif.

“Ibu Marliah, warga desa Suka Jadi, Tanjung Beringin, merlahirkan bayi laki-laki dengan berat 4 kg dan panjang atau tinggi badan 50 cm, (3/04). Saya sendiri yang menolong Ibu Marliah melahirkan”, ucap Sri Rohayuni (34), sebagai bidan desa.

“Kami berharap kepada semua ibu hamil agar pada trimester 3 harus melakukan perawatan payudara dan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah agar pada saat melahirkan asi dapat keluar dengan lancer, dan dapat langsung diberikan pada bayi. Sehingga jumlah bayi yang sehat dan mendapatkan asi eksklusif bertambah. Asi eksklusif sangat penting untuk bayi usia 0 – 6 bulan untuk daya tahan tubuh dan perkembangan kecerdasan otak bayi, selain itu juga untuk menjalin hubungan batin kasih sayang antara bayi dan ibu”. Tambah Sri.

“Mestinya, pada saat bayi lahir, Ibu langsung melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), agar saat itu juga bayi mendapatkan asi eksklusif dari ibunya.” Demikian ajuran Sri.

Ibu Marliah adalah salah satu dari 2 orang ibu yang telah menerapkan IMD dengan asi eksklusif. “Pada saat kehamilan usia 7 bulan, Saya sudah sering melakukan perawatan payudara dan mengkonsumsi sayuran dan buah, seperti anjuran Bidan Desa kami. Itu sebabnya asi dapat keluar dengan lancar sesaat setelah Saya melahirkan.” Demikian Ibu Marliah membagikan pengalamannya mengikuti program IMD dan asi eksklusif. (Delis, Jurnalis Puskesmas Tanjung Beringin)

Komentar atas Perawatan Payudara Ibu Hamil Penting Untuk Asi Ekslusif

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 


Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Portal Layanan Warga


Hubungi Puskesmas/Bidan di wilayah Anda untuk mendapatkan kode PIN.
Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program


Dinkes Serdang Bedagai