MURI 2018 UNTUK EDUKASI LANSIA SEHAT DAN MANDIRI

Administrator 12 Oktober 2018 12:52:01 WIB

rekor muri

Lanjut usia adalah suatu proses alami yang tidak dapat di hindarkan, umur manusia sebagai makluk hidup terbatas oleh suatu peraturan alam yakni sekitar 6 (enam) masa bayi sampai dewasa. Proses menjadi tua disebabkan oleh faktor biologis yang terdiri dari 3 fase yaitu : fase progresif, fase stabil dan fase regresif.

Proses ini berlangsung secara alamiah, terus menerus dan berkesinambungan yang akan menyebabkan perubahan anatomis, fisiologis dan biokemis pada jaringan tubuh dan akhirnya akan mempengaruhi fungsi dan kemampuan badan secara keseluruhan.

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dinas Kesehatan menggelar acara Jambore Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS) dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2018, Rabu (04/07/2018) di Pantai Pondok Permai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, dr. Bulan Simanungkalit.M.Kes mengatakan  melakukan terobosan tentang pelayanan kesehatan pada lansia yang didasari oleh Germas (gerakan masyarakat ) hidup sehat dan gerakan empati masyarakat sakit (Gemas) dengan memberikan edukasi sehat dan mandiri kepada para lansia.

rekor muri1Kegiatan ini menghadirkan sekitar 2000 lansia yang berasal dari 17 kecamatan, acara HLUN dimulai dengan menempelkan cap tangan para lansia di kain putih sebagai tanda partisipasi dan dukungan komitmen peduli lansia, kemudian senam massal lansia bersama Bupati, Wakil Bupati, Sekretari Daerah, Ketua TP PKK, Ketua GOPTKI, Ketua Dharma Wanita dan perwakilan OPD Serdang Bedagai. Untuk menggali potensi lansia pada saat HLUN diadakan lomba mars lansia, lomba masak untu para lansia. Pemeriksaan kesehatan yang dimotori oleh 20 puskesmas dan pustu berlangsung cepat dan memuaskan, katanya.

Ngadri, Senior Manager MURI yang hadir pada Jambore akbar, Germas dan Gemas peduli lansia mengatakan, “MURI menetapkan  acara ini adalah yang terbesar dan terbanyak di Indonesia dan berhasil memecahkan rekor MURI 2018”.

dr. Bulan Simanungkalit.M.Kes mengatakan Kabupaten Serdang Bedagai memiliki penduduk yang lanjut usia relative besar, jumlah lanjut usia yang besar membawa konsekuensi terhadap aspek kehidupan para lansia  baik mental, psikososial dan ekonomi. Permasalahan yang banyak dialami oleh lansia di Serdang Bedagai adalah menurunnya kondisi kesehatan, mundurnya kemampuan fisik dan mental, tidak ada pekerjaan, hidup miskin serta penopang yang juga tidak mampu.

Sudah tentu hal ini sangat membanggakan masyarakat dan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu kesiapan untuk kesuksesan acara ini. Peduli lansia akan dilakukan berkesinambungan setiap tahun untuk menghargai para orang tua kita agar semua lansia sehat, mandiri dan bahagia, kata dr. Bulan. (mei)

Komentar atas MURI 2018 UNTUK EDUKASI LANSIA SEHAT DAN MANDIRI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 


Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Portal Layanan Warga


Hubungi Puskesmas/Bidan di wilayah Anda untuk mendapatkan kode PIN.
Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program


Dinkes Serdang Bedagai