Serdang Bedagai Terapkan Sistim Layanan Komprehensif Berkesinambungan HIV/AIDS

Administrator 12 Oktober 2018 13:57:59 WIB

AIDS merupakan singkatan dari “Acquired Immuno-Deficiency Syndrome” yang merupakan suatu kumpulan tanda dan infeksi atau sindrom yang muncul akibat system imunitas tubuh yang rusak dikarenakan infeksi HIV. Virus itu sendiri bernama HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan suatu virus yang bias melemahkan system imunitas tubuh.

Respon terhadap penanggulangan HIV di Indonesia berkembang secara signifikan sejak tahun 2004 sampai sekarang. Jumlah orang yang menerima perawatan, dukungan dan pengobatan terus meningkat dari tahun ke tahun namun masih banyak hambatan bagi orang yang terinfeksi HIV untuk mendapatkan akses perawatan dan pengobatan yang mereka butuhkan.

Program pengendalian HIV tidak cukup hanya dilaksanakan oleh jajaran kesehatan saja namun harus pula melibatkan sektor lain dan masyarakat atau komunitas terutama populasi kunci. Pelibatan ini mulai dari upaya pencegahan dimasyarakat hingga perawatan, dukungan dan pengobatan, sehingga program pengendalian HIV tersebut merupakan upaya kesehatan masyarakat dan juga sekaligus upaya kesehatan perorangan.

Kepala Dinas Kabupaten Serdang Bedagai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes mengatakan bahwa untuk terjaringnya penderita HIV/AIDS diharapkan agar seluruh tenaga kesehatan di Wilayah kerja Dinas Kesehatan memberikan perhatian khusus untuk pengembangan program penanggulang penyakit menular, dengan menetapkan 6 Puskesmas kunci yaitu Desa Pon, Sei Rampah, Perbaungan, Pantai Cermin, Paya Lombang, dan Naga Kesiangan.

“dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes juga mengatakan bahwa seluruh suspek masyarakat menjadi target untuk menjadi sampel  pemeriksaan HIV, tanpa terkecuali demi terjaringnya penderita AIDS. Sasaran prioritas  penjaringan yang dilakukan pada: Ibu hamil, Penderita TB.PAru dan siswa/i SMP, SMA sederajat

Kegiatan yang dilakukan penyuluhan, skrining, konseling dan pengobatan HIV/AIDS. Dilakukan oleh Dokter, Perawat dan Analis Kesehatan yang telah berkopeten, ujarnya.

Penderita HIV/AIDS diberikan edukasi dan pemberian obat ARV seumur hidup Oleh karena itu diperlukan layanan yang mudah dijangkau untuk menjaga ketersinambungan perawatan dan pengobatan pasien. Dalam upaya memperluas akses layanan bagi ODHA, Dinas Kesehatan Serdang Bedagai menerapkan sistim  Layanan Komprehensif Berkesinambungan (LKB). LKB merupakan suatu model layanan terpadu yang melibatkan semua unsur layanan baik dari sektor kesehatan primer, sekunder hingga tersier dan layanan dari sektor lain yang terkait dengan kebutuhan ODHA, termasuk keterlibatan dari komunitas, kata dr. Bulan.

LKB bertujuan untuk mendekatkan dan memperkuat sistim layanan kesehatan hingga menjamin ketersediaan layanan komprehensif dan berkesinambungan. Adapun yang dimaksud dengan layanan komprehensif adalah layanan yang mencakup semua kebutuhan ODHA. Sedang layanan berkesinambungan adalah layanan yang terhubung dari satu titik layanan ke titik layanan lain dengan sistem rujukan yang efektif sepanjang hayat, ujar Kepala Dinas Kesehatan Serdang Bedagai.(mei)

Komentar atas Serdang Bedagai Terapkan Sistim Layanan Komprehensif Berkesinambungan HIV/AIDS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 


Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Portal Layanan Warga


Hubungi Puskesmas/Bidan di wilayah Anda untuk mendapatkan kode PIN.
Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program


Dinkes Serdang Bedagai