MAK BERSYUKUR

Administrator 21 Desember 2018 16:39:55 WIB

Gizi kurang adalah : gangguang kesehatan akibat kekurangan atau ketidak seimbangan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan, aktivitas berfikir, dan semua hal yang berhubungan dengan kehidupan.

Gizi buruk adalah : Status kondisi seseorang yang kekurangan nutrisi atau nutrisinya dibawah standar rata-rata. Pengertian Mak Bersukur adalah makan bersama antara sesama balita gizi kurang dan balita gizi buruk yang dilakukan untuk meningkatkan pola fikir, pengetahuan keluarga tentang pemberian makanan kepada balita dan menumbuhkan minat makan balita untuk memenuhi asupan gizi pada balita gizi kurang dan gizi buruk di Desa Naga Kesiangan.

Latar Belakang Masih Adanya kasus Gizi Buruk dan Gizi Kurang Di Desa Naga Kesiangan Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai Berdasarkan hasil survei pendahuluan yang dilakukan terhadap 7 orang ibu balita gizi buruk yang ada di Desa Naga Kesiangan Kecamatan Tebing Tinggi pada bulan 08 Tahun 2017, diketahui bahwa keseluruhan balita Gizi Buruk tidak tercukupi kebutuhan gizi dari makanan sehari-hari disebabkan Balita tidak mau makan/sulit diberi makan.

Berdasarkan Hal tersebut mendorong upaya-upaya pembaruan dalam memanfaatkan budaya suka ngumpul, ngobrol menjadi budaya yang mampu meningkatkan status gizi Balita Gizi Buruk dan Balita Gizi Kurang Selepas dari hal tersebut diatas maka dibentuklah kegiatan inovasi “ MAK BERSUKUR ”

Adapun tujuan dibentuknya Mak Bersukur adalah menumbuhkan minat makan balita untuk memenuhi asupan gizi pada balita gizi kurang dan gizi buruk di desa Naga Kesiangan Kegiatan Makan Bersama mulai dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2017. Dilaksanakan setiap Hari Jumat Di Balai Desa Naga Kesiangan. Selain melibatkan balita gizi kurang dan gizi buruk, pada saat pelaksanaan juga melibatkan Kepala Desa beserta perangkat Desa, kader posyandu, kepala puskesmas, Dokter, Bidan Desa dan Petugas gizi puskesmas Naga Kesiangan.

Biaya yang dikeluarkan pada saat kegiatan sepenuhnya ditanggung oleh desa. Lokasi kegiatan di Desa Naga Kesiangan karena merupakan Desa yang memiliki balita gizi kurang dan Gizi Buruk terbanyak (2,2%) dari 7 Desa yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Naga Kesiangan Kegiatan pemantauan dan makan bersama yang dilaksanakan setiap jumatnya di evaluasi setiap sebulan sekali. Dari hasil evaluasi disepakati bahwa dilakukan kegiatan perlombaan kenaikan berat badan setiap bulannya, guna memicu semangat baik dari si ibu maupun bagi penderita gizi kurang dan gizi buruk. Bagi balita yg naik berat badannya akan mendapatkan bingkisan dari pihak Puskesmas.

Dari hasil evaluasi penimbangan berta badan maka didapat hasil sebagai berikut :

1. Dari 3 orang kasus gizi kurang yang ditemukan, 3 diantaranya telah mengalami kenaikan status gizi menjadi gizi baik.

2. Dari 4 orang kasus gizi buruk yang ditemukan,2 diantaranya telah mengalami kenaikan status gizi,1orang menjadi gizi kurang dan 1 orang menjadi gizi baik.

Komentar atas MAK BERSYUKUR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 


Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Portal Layanan Warga


Hubungi Puskesmas/Bidan di wilayah Anda untuk mendapatkan kode PIN.
Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program


Dinkes Serdang Bedagai