SELAPIS ROTI (PUSKESMAS SPISPIS)

Administrator 27 Desember 2018 08:51:11 WIB

Sehat dengan Layanan Sipispis yang Ramah Sepenuh Hati (Selapis Roti)

Berada di tepi batas serdang bedagai dan simalungun Sipispis memiliki arti yang sangat strategis. Sebagai UPT Puskesmas Rawat Inap Sipispis di daerah pinggiran yang menjadi rujukan bagi bidan desa dan klinik swasta diwilayah Sipispis. Pelayanan yang diberikan di UPT Puskesmas Rawat Inap Sipispis sering kali mendapat penilaian yang buruk di mata masasyarakat.

Hal ini sesuai dengan hasil evaluasi pengabdian pelayanan di UPT Puskesmas Rawat Inap Sipispis yang berasal dari kotak saran dan pengaduan langsung. Keluhan yang diterima berupa:

a. Sikap petugas yang tidak ramah dan marah

b. Respon pelayanan terhadap pasien lambat

c. Kurang adil terhadap pasien

d. Kurangnya tenaga dokter jaga di Puskesmas Inovasi

SELAPIS ROTI merupakan sebuah program peningkatan kualitas pelayanan di UPT Puskesmas Rawat Inap Sipispis yang memberikan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan GEMAS atau Gerakan Empati Masyarakat yang sepenuh hati guna meringankan penyakit penderitaan orang lain.

Tujuan Inovasi :

a. Mempercepat upaya penyembuhan pasien

b. Meningkatkan kepuasan masyarakat

c. Mendorong puskesmas menjadi gate kesper dibidang kesehatan

d. Implementasi inovasi dinas kesehatan yaitu GEMAS (Gerakan Empati Masyarakat)

SELAPIS ROTI meliputi kegiatan :

a. Memberlakukan jam berkunjung dan peraturan bagi pengunjung pasien

b. Gerakan tamu pasien (home visite)

c. Gerakan layanan konsultasi gizi

d. Informasi tentang jumlah tempat tidur dan papan tentang nama nama pasien rawat inap

e. Gerakan antar dan jemput pasien rawat inap dan bersalin Upaya pengembangan inovasi ini dilakukan secara monitoring dan di evaluasi terus menerus.

Keberhasilan inovasi ini tidak luput dari partisipasi masyarakan seperti peduli terhadap peraturan berkunjung pasien rawat inap, keterlibatan dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta keterlibatan dalam memberikan kritik dan saran terhadap perbaikan pelayanan di UPT Puskesmas Rawat Inap Sipispis. Inovasi ini telah memberikan manfaat bagi pasien maupun UPT Puskesmas Rawat Inap Sipispis yaitu :

a. Jumlah rawat inap yang semakin meningkat Pada tahun 2017 jumlah pasien rawat inap sebanyak 101 pasien Pada tahun 2018 jumlah pasien rawat inap sebanyak 219 pasien

b. Kunjungan rawat inap setiap harinya mengalami peningkatan c. Ketersediaan tenaga dokter 24 jam memperkuat keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal di UPT Pus.kesmas Rawat Inap Sipispis.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 


Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Portal Layanan Warga


Hubungi Puskesmas/Bidan di wilayah Anda untuk mendapatkan kode PIN.
Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program


Dinkes Serdang Bedagai