Informasi

Laboratorium PCR RSUD Sultan Sulaiman Resmi Beroperasi

Serdang Bedagai – Wakil Bupati Kabupaten Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan meresmikan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman, Rabu (26/1/2022).

Adlin menuturkan, dengan beroperasinya lab ini akan memudahkan Pemerintah Kabupaten khususnya tenaga kesehatan untuk melakukan tracing.

“Walaupun angka Covid kita sudah turun dan vaksinasi sudah tinggi, antisipasi tetap dilakukan. Dengan adanya mesin ini, tracing lebih mudah,” kata dia.

Bukan hanya itu, Adlin juga mengharapkan masyarakat Serdang Bedagai yang ingin berpergian jauh bisa melakukan tes PCR di RSUD Sultan Sulaiman saja.

“Jadi, ke depan warga Sergai yang mau pergi jauh-jauh bisa tes antigen di Sultan Sulaiman,” imbaunya.

Usai meresmikan, Wabup Adlin Tambunan langsung melakukan ujicoba penggunaan alat PCR. Usai tes, ia berharap, keberadaan lab ini bisa didukung dengan pelayanan serta kinerja yang baik dari pegawai RSUD.

Sementara itu, Dirut RSUD Sultan Sulaiman, Ahmad Idris Daulay mengatakan di laboratorium tersedia dua unit mesin PCR. Hasil tes bisa diterima dalam waktu 8 jam.

“Kalau dulu kita harus nunggu lama, sekarang dengan berfungsinya lab ini, hasilnya dalam waktu 8 jam langsung keluar,” ungkapnya.

Saat ini, kata Idris, pemeriksaan baru diperuntukkan kepada pasien sembari menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan agar seluruh data bisa masuk dalam New All Record (NAR).

“Data yang dibutuhkan sudah dikirim, tinggal menunggu dari pusat saja. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada jawaban sehingga tes antigen kita bisa berlaku untuk penerbangan,” pungkasnya.

Mengenai tarif, Idris menuturkan bahwa tarif yang diberlakukan yakni Rp250 ribu. Adapun sebelum melakukan tes, masyarakat diminta untuk membawa fotocopy KTP.

Turut hadir dalam peresmian yakni Kadis Kesehatan Selamet Hartono, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Bulan Simanungkalit, dan Direktur RSUD Sultan Sulaiman, dr. Ahmad Idris Daulay. (tri)

What's your reaction?

Happy
3
In Love
1
Not Sure
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.